PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 6
PENGANTAR
BISNIS MINGGU KE 6
DEWI
NURJANAH (21215791)
RIVA
OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20
1. Sebutkan
perbedaan pasar dengan pemasaran.?
Jawab..
Pasar secara umum dapat
dikatakan bahwa, tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli disebut pasar. Pengertian
ini mengandung arti bahwa yang dimaksud dengan pasar adalah suatu tempat atau
daerah yang didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang
saling bertemu untuk menentukan suatu harga.
Pasar
adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang untuk
berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakannya.
Pemasaran
suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harg, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
2. Jelaskan
apa yang dimaksud Bauran Pemasaran?
Jawab…
Bauran pemasaran
/ Marketing Mix merupakan Kombinasi dari
variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran yaitu : Produk,
Harga, Promosi, dan Distribusi, atau sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, Place). Atau bisa dikatakan bahwa Marketing Mix merupakan kumpulan
variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan
konsumen.
Untuk mencapai
tujuan pemasaran, maka kempat unsur tersebut harus saling mendukung satu dengan
yang lainnya atau dengan kata lain, menajemen harus berusaha agar
variabel-variabel marketing Mix itu dat terpacu untuk emncapai ujuan yang elah
ditetapkan perusahaan. Adi tidak hanya salah satu komponen saja yang di
prioritaskan, tetapi apabila perushaan ingin memenuhi kebutuhan secara
memuaskan maka harus didukung oleh keempat unsur tersebut.
1. Produk.
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan
di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang
dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Bauran Produk / Product
Mix merupakan himpunan dari keseluruhan jalur produk dan produk yang ditawarkan
oleh seseorang penjual tertentu untuk dijual kepada pembeli. Contohnya: suatu
industri mempunyai tiga jalur produk : industry elektronika, industry alat
rumah tangga, dan industry pakaian
olahraga. Di salam industry elektronika bisa dibagi menjadi sub jalur misalkan,
pesawat radio, kipas angina, tape recorder, dsb.
2. Harga
Harga adalah jumlah uang (ditambah
beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah
kombinasi dari barang besrta pelayanan-nya. Bagi perusahaan, penetapan harga
bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Seringkali perusahaan menetapkan harga
terlalu berorientasi pada biaya dan kurang meninjau perubahan pasar. Prosedur
penetapan harga ini untuk masing-masing perusahaan berbeda-beda. Pada
perusahaan kecil, harga ditetapkan oleh manajemen puncak : sedangkan pada
perusahaan besar, peneatpan harga bisa ditangani oleh manajer devisi atau manajer
pemasaran/ penjualan.
3. Promosi
Pemasaran pada masa sekarang ini tidak
cukup hanya dengan pengembangan produk, peningkatan kualitas, penetapan harga
yang terjangkau atau penyaluran produk yang tepat, tetapi terlebih lagi
produsen harus dapat berkomunikasi dengan langganan-nya. Hal ini bisa dilakukan
dengan melakukan promosi, pengiklanan, dsb. Jadi dapat dikatakan bahwa promosi
mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bertujuan
agar konsumen tertarik untuk membelinya. Promosi merupakan salah satu komponen
Marketing Mix yang sangat penting untuk mendorong permintaan.
4. Distribusi
Untuk memperluas daerah pemasaran dan
agar produk cepat tersebar ke konsumen, maka perusahaan perlu segera menetapkan
penggunaan saluran distribusi.
Fungsi Distribusi yaitu:
Fungsi Distribusi yaitu:
- Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk perencanaan dan memudahkan pertukaran.
- Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi mengenai tawaran.
- Melakukan pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli.
- Membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli. Misalnya kegiatan perakitan, pengemasan dsb.
- Mengusahakan perundingan untuk mencapai persetujuan akhir atas harga dan ketentuan lainnya mengenai tawaran agar perpindahan pemilikan dapat terjadi.
- Melaksanakan pengangkutan dan penyimpanan produk.
- Mengatur distribusi dana untuk menutup biaya saluran distribusi.
- Menerima resiko dalam hubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran pemasaran.
sumber:
Sumarni
Murti dan John Soeprihanto. 2013. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan).
Yogyakarta: Liberty.
Komentar
Posting Komentar