PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 2
PENGANTAR
BISNIS MINGGU 2
DEWI NURJANAH
(21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI
(26215085)
1EB20
1. Jelaskan
bagaimana cara mendirikan (Berikan Langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor
produksi.
Jawab
:
·
Modal : Merupakan hal
yang paling utama yang dibutuhkan untuk mendirikan suatu UKM. Uang yang
digunakan berasal dari pribadi ataupun pinjaman dari bank. Besarnya modal yang
diperlukan tergantung dari jenis usahanya.
·
Tenaga Kerja : Faktor
yang sangat penting dalam mendirikan suatu UKM. Usia pekerja harus diperhatikan
agar mampu melakukan sebuah pekerjaan.
·
Material : Barang yang
akan diproduksi oleh UKM tersebut. Seperti bahan-bahan mentah yang berasal dari
sumber-sumber di alam semesta. Kualitas dari bahan tersebut juga harus
diperhatikan untuk menjaga kualitas produk yang akan dihasilkan.
·
Metode : Memerlukan
inisiatif produktif, membuat ide-ide kreatif untuk menghasilkan sebuah barang
yang belum ditemui dan siap mengambil keputusan dan berani mengambil resiko.
Metode memasarkan juga penting agar bisa dikenal oleh masyarakat luas.
2. Berilah
masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat
Jawab
:
Perusahaan
berdasarkan tempat :
·
Lokasi/letak perusahaan
terikat pada alam
Ø Perusahaan
tambang Alumunium INALUM (Asahan, Sumatera Utara)
Ø Perusahaan
tambang tembaga PT Freeport Indonesia (Tembagapura, Papua)
Ø Perusahaan
tambang aspal di buton (Sulawes Tenggara)
Ø Perusahaan
tambang gas alam (Bontang, Kalimantan)
Ø Perusahaan
tambang bauksit (Pulau Bintan, Riau)
·
Lokasi/letak perusahaan
yang mengikuti sejarah/berdasarkan sejarah
Ø Usaha
Dodol garut (Garut)
Ø Usaha
pendidikan (yogyakarta)
Ø Perusahaan
batik (Pekalongan)
Ø Pengrajin
patung (bali)
Ø Kain
ulos (Medan)
·
Lokasi/letak perusahaan
berdasarkan pemerintah
Ø Kawasan
Industri Jababeka (Cikarang)
Ø PT
Bintang Toedjoe (Kawasan Industri Pulogadung)
Ø PT
PINDAN (Surabaya)
Ø Kawasan
Industri Lhokseumawe (Aceh)
Ø Cilandak
Comercial Estate (Jakarta)
·
Lokasi/letak perusahaan
di pengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Ø Dekat
dengan bahan baku : Pabrik Kayu, Pabrik Benang, Pabrik Gula
Ø Dekat
dengan pasar : Pabrik Tahu, Pabrik Kecap, Pabrik Roti
Ø Dekat
dengan Tenaga Kerja : Pabrik Rokok, Pabrik bahan bekas, Pabrik Sepatu
Ø Dekat
dengan penyedia sumber tenaga/energi: Pabrik alumunium, Pabrik peleburan bijih
besi
Ø Iklim:
Pabrik teh, Pabrik Bata.
·
Lokasi/letak perusahaan
berdasarkan hubungan/pergaulan Internasional
Ø Usaha eksport
Ø
Usaha import
3. Sebutkan
dan Jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan
Jawab
:
Tujuan
Perusahaan untuk memaksimumkan penjualan (maximization
of sales). Manajer akan memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang
diperoleh telah memadai.berdasarkan studi empiris, ditemukan bahwa ada korelasi
yang erat antara gaji dengan penjualan, dan bukan antara gaji dengan laba.
Tujuan
Perusahaan untuk memaksimumkan penggunaan manajemen (maximization of management utility). Manajer lebih tertarik
memaksimumkan penggunaan manajemen yang diukur dengan kompensansi seperti gaji,
tunjangan tambahan, pemberian saham daripada memaksimumkan keuntungan
perusahaan.
§ Tujuan
ekonomi : berhubungan dengan upaya perusahaan untuk menghasilkan laba,
menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dengan
memusatkan perhatian masyarakat dalam hal produk, kualitas, harga, kuantitas,
waktu pelayanan, kegunaan inovatif berkesinambungan, competitive tage dan
comparativr and vantage.
§ Tujuan
sosial : perusahaan memperhatikan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor
produksi, maupun masyrakat luas. Juga untuk mendukung mencapai tujuan utama
perusahaan, dengan memberi kepuasan kepada konsumen.
4. Jelaskan
apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan
Jawab
:
Lingkungan
Internal : yaitu segala variabel-variabel (kekuatan dan kelemahan) yang ada
didalam perusahaan. Biasanya digunaka untuk menentukan strength(kekuatan)
perusahaan, juga untuk mengetahui weakness (kelemahan) perusahaan.
Lingkungan Eksternal :
Gambaran kondisi diluar lingkungan yang terdiri dari keadaan dan kekuatan yang
mepengaruhi proses dan tujuan perusahaan. Suatu lingkungan yang berpengaruh
tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Meliputi variabel-variabel diluar
perusahaan yang berupa tekanan umum dan tren didalam lingkungan kerja.
5. Aplikasikan
setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada
suatu perusahaan
Jawab
:
- Ekologi : Pencemaran air, Pencemaran Udara, Pencemaran tanah dan limbah yang dihasilkan perusahaan
- Ekonomi : Urbanisasi, Pertambahan Penduduk, Pajak,dll
- Sosial : Kriminalitas, Pengangguran
- Politik :Pertahanan Keamanan
- Hukum : Keputusan dan Transaksi Perusahaan
6. Jelaskan perbedaan Procuer Oriented Approach
dan Consumer Oriented Approach
Jawab :
Producer
oriented approach : produsen yang menjual secara orientasi, artinya menjual
langsung suatu barang dan jasa ke pasar.
Consumer
orinted approach : konsumen yang membeli secara orientasi, artinya membeli
langsung suatu barang dan jasa ke produsen dari pasar.
Sumber :
Sitio,
Arifin dan Tamba, Halomoan.2001.Koperasi
Teori dan Praktik.Jakarta:Erlangga
Umar,
Husein.2001.Strategic Management In
Action.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Kartaja,
Hermawan.dkk.2005.Markplus On Strategy.Jakarta:PT
Gramedia Pustaka Utama
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_Perusahaan_Batu_Bara_Indonesia
Komentar
Posting Komentar