Fenomena Bisnis Online di Indonesia



FENOMENA BISNIS ONLINE DI INDONESIA

            Akhir-akhir ini bisnis online sangat marak di Indonesia. Bisnis Online dinilai mempunyai dampak positif yang dapat menguntungkan pelakunya,dimana wirausahawan yang membuka bisnis online dapat memiliki penghasilan tambahan dari penghasilan utamanya. Di lain sisi, bisnis online inipun memiliki manfaat positif bagi konsumen,dimana kita tidak perlu lagi pergi ke toko atau tempat perbelanjaan untuk membeli sesuatu yang kita butuhkan,cukup duduk dengan mengakses internet kita dapat memesan barang tersebut.

Dalam memulai usaha bisnis online, ada beberapa langkah-langkah yang harus diketaui, yaitu:

Pertama,tentukan target niche anda, yaitu apa yang akan kita jual atau pasarkan serta topik website yang akan kita buat. Dari langkah pertama ini,kita sudah mulai menyusun konsep yang akan kita jalankan ke depannya.
Kedua,buat website yang akan menjadi sarana kita untuk berbisnis online. Dalam membuat website kita memerlukan Domain dan Hosting,Domain adalah nama website yang hendak kita buat,domain harus berhubungan dengan niche pada lagkah pertama,sedangkan hosting adalah wadah untuk menaruh nama domain kita. Ada beberapa penyedia blog gratisan, yang terkenal diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi,kita dapat menggunakan blog-blog tersebut sebagai media.
Ketiga,setelah memiliki website kini kita bisa mulai memasarkan barang yang hendak kita jual. Masukan gambar dan definisi-definisi yang menarik dalam website kita, agar banyak konsumen yang tertarik dan yang terpenting,jualah barang yang memang merupakan kebutuhan ataupun barang yang sedang trend dalam masyarakat,hindari barang-barang yang jarang peminatnya .

            Setelah itu mulailah tekuni bidang ini,bisnis online ini dapat berjalan dengan baik atau tidak tergantung pada diri kita sendiri. Kalau kita tekun dan kreatif bisnis ini akan membuahkan hasil yang besar untuk kita. Sebenarnya bisnis online ada berbagai macam jenisnya,ada bisnis online untuk menjual barang dan ada juga bisnis online yang menjual jasa. Seperti di kutip dari buku “jadi kaya dengan optimasi marketing lewat internet” , dalam buku itu penulisnya membahas tentang penjualan jasa marketing melalui internet. Jadi bisnis online sebenarnya memiliki cangkupan yang luas bukan hanya terbatas pada penjualan suatu barang.

            Semua hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitupun dalam bisnis online. Beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online: 

1.      Kelebihan dari bisnis online :
·         Tidak terbatas tempat dan waktu,dimana saja dan kapan saja
·         Tidak terikat dengan lembaga tertentu,bebas,bahkan kadang tidak tersentuh hukum
·        Biaya yg dikeluarkan untk memulai bisnis lebih kecil dibandingkan membeli ruko atau sewa tempat.
·         Kebebasan waktu,kita bisa mengerjakan bisnis ini saat kita menginginkannya
·         Tidak terpengaruh krisis moneter,kecuali pengusaha besar
·         Transaksi lebih cepat
·         Menggunakan sedikit tenaga
·         Tidak memerlukan tingkatan pendidikan atau latar belakang tertentu

1.      Kekurangan dari bisnis online :
·         Membutuhkan waktu yg lama untuk sukses
·         Banyak terjadi penipuan,karena siapa saja dapat mengakses internet secara bebas.
·         Belum ada uu mengatur internet marketing
·        Hanya menjangkau kota yg bisa menggunakan internet,daerah-daerah pelosok belum bisa tersentuh.
            Segala sesuatu memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing,tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba terlebih dahulu usaha bisnis online. Bisnis online dapat menjadi salah satu referensi kita dalam mencapai kesuksesan. Asalkan ada niat dalam memulai usaha bisnis online apapun bisa saja terjadi, yang diperlukan adalah ketelitian dalam memilih agar tidak terjebak dalam penipuan dan hal negatif lainnya.

Daftar pustaka
http://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/
http://usahasuksesbersama.blogdetik.com/2013/05/25/keunggulan-dan-kelemahan-bisnis-online/
JADI KAYA DENGAN OPTIMASI MARKETING LEWAT INTERNET by Ali Akbar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penarikan SDM (pengertian,tujuan,alasan,kendala,teknik)

Tugas Setiap Bagian dari Struktur Organisasi Telkom Regional 3 Jawa Barat

Order Letter and Reply to Order Letter