Daur Ulang Sampah



DAUR ULANG SAMPAH


Dengan semakin meningkatnya krisis ekonomi menyebabkan timbulnya banyak pengangguran, Kebutuhan hidup yang semakin meningkat, dan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin mahal. Ini menuntut masyarakat untuk keluar dari permasalahan ekonomi dan mencari jalan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun di era globalisasi sekarang ini, semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan seseorang karena semakin ketatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

Maka dari itu, untuk menetralisir masalah tersebut, kita bisa membuat suatu usaha untuk menghasilkan uang dari usaha rumahan atau yang awalnya hanya sekedar hobi namun bisa dijadikan bisnis untuk menunjang kebutuhan sehari-hari bahkan mencukupi kehidupannya. seperti melakukan daur ulang sampah.

            Sampah merupakan benda sisa yang tidak bermanfaat lagi karena itu biasanya sampah-sampah selalu bernasib sama yaitu dibuang begitu saja yang pada akhirnya bisa menumpuk seperti yang terjadi pada gambar di bawah ini. Apabila sampah-sampah itu tak tertangani dengan baik dan dibiarkan begitu saja akibatnya akan sangat besar bagi kita semua. Sebelum ini terjadi ada baiknya sampah yang dihasilkan oleh industri maupun rumah tangga sebaiknya di daur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat

Bagaimana cara memulainya jika ingin memulai bisnis tersebut? Mulailah dari sampah. Barang tidak berguna yang biasa Anda buang itu merupakan modal awal bagi bisinis ramah lingkungan ini.Dalam setahun, ada 750 juta ton sampah yang dibuang. Satu orang saja bisa membuat hingga 2 kg sampah per harinya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan sampah kertas, botol, plastik ataupun sisa makanan untuk didaur ulang kembali dengan mudah.

Lalu, inilah langkah-langkah agar kita bisa memulai bisnis tersebut dengan baik dan benar. Pertama, Pilihlah jenis daur ulang apa yang paling kalian sukai dan paling menguntungkan lalu pastikan bisnis yang anda buat sesuai dengan kebutuhan di lingkungan sekitar, Jangan lupa membuat rencana bisnis, mulai dari modal, investasi, strategi operasional hingga pemasukan dan pengeluaran. Daftarkan perusahaan kecil Anda ini kepada pemerintah daerah, siapa tahu Anda mendapatkan dana tambahan karena jenis bisnis yang ramah lingkungan. Jangan lupa untuk terus merancang strategi agar pemasukan meningkat, pilihlah tempat yang sesuai untuk bisnis daur ulang Bright Friends. Untuk mengurangi modal awal, rumah bisa jadi pilihan tempat yang pas. Ajak teman yang memiliki visi sama untuk memulai bisnis tersebut. Anda bisa juga mempekerjakan orang-orang di sekitar rumah untuk membantu. Untuk mencari bahan daur ulang, ajaklah tetangga untuk berpartisipasi. Bright Friends juga dapat menginfokan lewat sosial media atau selebaran tentang tempat mekanisme pengumpulan sampah atau barang bekas. Last but not least, carilah konsumen yang akan membeli barang-barang Anda. Jika produk daur ulang Bright Friends adalah alat rumah tangga atau aksesoris, dekatilah orang yang memiliki green lifestyle. 

Setelah langkah-langkah tersebut kita sudah terapkan, lalu kita olah sampah-sampah tersebut menjadi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat atau barang yang berguna di lingkungan sekitar. Maka jadilah sesuatu kerajinan atau barang yang bermanfaat dan bisa kita jual dengan memperoleh keuntungan. Berikut contoh-contoh olahan sampah yang sudah diolah dan menjadi barang yang berguna yaitu:

1.      Contoh pengolahan dan daur ulang sampah plastik
            Sampah plastik sejatinya tidak mudah terurai oleh alam, hingga 10 tahun pun akan tetap sama. Bila sampah-sampah plastik dibiarkan lambat laun dapat mengakibatkan penumpukan sampah. Untuk menghindari hal buruk seperti ini daur ulang sampah plastik sangat dibutuhkan. Inilah beberapa contoh daur ulang sampah plastik diantaranya menjadi barang kerajinan, tempat untuk menaruh pensil,penghapus menggunakan sampah sedotan, kerajinan bunga dari sampah plastik, hiasan dinding yang berada di sekolah TK dan masih banyak yang lainnya .

2.      Pengolahan dan daur ulang sampah kayu dan kertas
            Untuk lebih menghemat sekaligus mengurangi penumpukan sampah, berbagai sampah dari kayu dan kertas bisa di daur ulang menjadi furniture unik dan kertas kembali atau barang lain yang memiliki nilai guna. Seperti , bingkai foto yang unik, lampu hias,miniature-miniatur dari kayu dan masih banyak lainnya.

3.      Pengolahan dan daur ulang sampah kaca
            Sampah kaca tentu salah satu sampah yang amat sukar untuk terurai di lingkungan, dan sering kali sampah ini menimbulkan masalah. Untuk menyikapi bagaimana cara mengatasi sampah kaca, kita perlu menggunakan kreatifitas, seperti botol kaca bekas kecap bisa kita pergunakan kembali untuk wadah atau didaur ulang ke bentuk yang lain agar memiliki nilai jual yang tinggi seperti barang kerajinan seperti dekorasi rumah, piring, perhiasan dan lainnya .

Ada banyak kelebihan dari usaha daur ulang ini, selain modalnya yang kecil kita juga dapat membuat dunia ini lebih bersih dan sehat dari sampah. Semua kalangan juga bisa mencobanya apalagi di era ini mencari pekerjaan sangatlah sulit. Apa pun usahanya itu jika dengan niat dan kerja keras pasti berhasil. Kesuksesan itu terletak pada diri kita sendiri sebagai orang yang menjalankan usaha. Maka dari itu kita manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.             


SUMBER:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penarikan SDM (pengertian,tujuan,alasan,kendala,teknik)

Tugas Setiap Bagian dari Struktur Organisasi Telkom Regional 3 Jawa Barat

Order Letter and Reply to Order Letter