Review Lima Jurnal tentang MSDM


Review Lima Jurnal tentang Manajemen Sumber Daya Manusia

Jurnal 1
Judul : ANALISIS KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI  DI KABUPATEN PELALAWAN
Oleh : Freshka Hasiani. S
Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015
Abstrak :
            Secara konseptual pembangunan adalah segala upaya yang dilakukan secara terencana dalam melakukan perubahan dengan tujuan utama memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas memberikan pengaruh yang sangat baik apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Manfaat yang baik akan berguna bagi masyarakat dan negara itu sendiri. Sumber daya manusia sangatlah penting untuk negara maju maupun negara berkembang, terutama di daerah-daerah yang ada di Indonesia seperti di Kabupaten Pelalawan
            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pelalawan dan pengaruh sumber daya manusia terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pelalawan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Lokasi penelitian ini adalah kabupaten Palalawan. Lokasi ini dipilih karena Pelalawan mengalami pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun. Metode yang digunakan untuk membahas masalah ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif model regresi linier berganda dengan SPSS, untuk mengetahui hubungan variabel kualitas sumber daya manusia dan variabel pertumbuhan ekinomik.
            Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil regresi linier berganda dengan jumlah nilai f 38,573, dan nilai 4,757 sedangkan nilai f tabel. Oleh karena itu, dari nilai ftable> fcount, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau dengan kata lain, harapan hidup, sekolah tua dan rata-rata pendapatan perkapita secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pelalawan.

Jurnal 2
Judul : PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA APARAT SIPIL NEGARA DI KABUPATEN KEPULAUAN  SANGIHE PROVINSI SULAWESI UTARA
Oleh : Roosje Kalangi
Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum Volume 2 Nomor 1 Tahun 2015
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia yang berpengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara.  Faktor-faktor tersebut meliputi perekrutan, pelatihan, pengembangan karir, manfaat, promosi, mutasi, pelatihan khusus struktural, dan teknis. Penilaian diberikan ke arah tercapainya suatu pemerintahan yang baik di Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. 157 responden (PNS) ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan: analisis deskriptif dan regresi berganda. Data primer dan sekunder dikumpulkan dan diuji.
Penelitian ini menyimpulkan untuk mewujudkan  tata kelola pemerintahan yang baik, pemerintah harus bertindak lebih cepat untuk lebih meningkatkan kualitas profesionalisme dalam rangka  penciptaan keunggulan kompetitif dan memegang teguh etika birokrasi dalam memberikan pelayanan prima sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah perlu mendorong program pengembangan sumber daya manusia secara berkelanjutan, jelas, dan konsisten.

Jurnal 3
Judul : Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat Dan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan  Catatan Sipil Kabupaten Nabire)  
Oleh : Christian Paul Raymond1, Samuel Hatane2, Julianus Hutabarat3
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, Vol. 1 No. 1, Februari 2015
Abstrak :
Upaya peningkatan kualitas SDM dan kualitas layanan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik harus dilakukan. Masyarakat mempertanyakan kualitas dan efektifitas dari pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire. Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubungan antar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan SPPS dan SmartPLS dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausalistik. Dengan adanya model tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian yang di peroleh bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan sekitar 84%, kinerja organisasi sekitar 75% dan kepercayaan masyarakat sekitar 42%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi sebesar 15% dan kepercayaan masyarakat sekitar 20%. Kinerja organisasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat sekitar 36% dan kepuasan masyarakat sekitar 47%. Dan kepercayaan masyarakat berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat sekitar 44%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sebagai faktor utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja organisasi, kepercayaan masyarakat dan kepuasan masyarakat.

Jurnal 4
Judul: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK, KINERJA KARYAWAN DAN KINERJA PEMASARAN (Pada lndustri Pengolahan buah markisa Di MAKASSAR)
Oleh : Rukiaty Usman
Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate) Volume 5 Edisi 2 (Oktober 2012)
Abstrak :
Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi besar untuk dapat menghasilkan aneka macam buah. Buah-buahan Indonesia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi produk olahan adalah buah-buahan lokal. Salah satunya adalah buah markisa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui aplikasi dan menganalisa adanya pengaruh dari praktik-pratik menejemen sumber daya strategik yang meliputi training, selective staffing, empowerment dan performance appraisal terhadap kinerja karyawan dan kinerja pemasaran pada industry pengolahan buah markisa di Makassar. Peneltian ini dilaksanakan dari Oktober sampai Desember 2011, dengan menggunakan metode analisis swot. Hasil analisis strategi swot yaitu : Strategi (SO) meningkatkan volume produksi, Strategi (WO) peningkatan kelembagaan industry pengolahan, Strategi (ST) menetapkan strategi harga, (WT) memantapkan rencana pemasaran dan mutu pelayanan konsumen.

Jurnal 5
Judul : PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA dan KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA SEMARANG”
Oleh : Endang Sukarjati1) , Maria Magdalena Minarsih2) ,Moh. Mukeri Warso3)
Journal of Management Vol.02 No.02 , Maret 2016
Abstrak :
Dalam mengukur kinerja berdasarkan kepemimpinan,pengembangan dan kepuasan kerja di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang mengalami beberapa kendala. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengambil judul : Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pengembangan sumber daya manusia dan kepuasan kerja terhadap kinerja di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial Variabel Kepemimpinan (X1) berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,233. Sedangkan untuk nilai thitung (3,953) > ttabel (1,697) dan sign.(0,001) < sign α (0,05). Semakin meningkat kepemimpinan maka kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) secara parsial berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,295. Sedangkan untuk nilai thitung (2,647) > ttabel (1,697) dan sign.(0,014) < sign α (0,05. Semakin meningkat Pengembangan Sumber Daya Manusia maka kinerja Pegawai di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Variabel Kepuasan kerja, (X3) secara parsial berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,528. Sedangkan untuk nilai thitung (4,802) > ttabel (1,697) dan sign.(0,000) < sign α (0,05). Semakin meningkatnya spesialisasi jenis pekerjaan maka kinerja pegawai di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Dalam uji kelayakan model bahwa penelitian ini dapat dilanjutkan dalam menganalisis pengaruh Kepemimpinan (X1), Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) dan Kepuasan pegawai (X3), terhadap kinerja (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (284.486) > Ftabel (2,98 dan sign.(0,000) < sign α (0,05). Semakin meningkat Kepemimpinan (X1), Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) dan kepuasan kerja pegawai maka kinerja pegawai di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Beberapa saran yang dapat dijadikan masukan di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang adalah meningkatkan sistim kepemimpinan seperti pemberian wewenang, peranan pekerjaan, pendelegasian wewenang pegawai, pemberian motivasi kerja atau pengarahan terhadap pegawai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penarikan SDM (pengertian,tujuan,alasan,kendala,teknik)

Tugas Setiap Bagian dari Struktur Organisasi Telkom Regional 3 Jawa Barat

Order Letter and Reply to Order Letter